PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA OFFICIAL WEBSITE PERUSAHAAN STUDI PADA PT. UNILEVER INDONESIA Tbk

Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008)
Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, 20-21 Agustus 2008

AUTHOR:
Ati Harmoni
Ade Andriyani

ABSTRACT:
Pengungkapan CSR perusahaan melalui berbagai macam media dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada para pemangku kepentingan dan juga untuk menjaga reputasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah perusahaan telah memanfaatkan official website-nya untuk mengungkapkan program CSR yang dilakukan. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesadaran dan praktek penerapan CSR pada perusahaan dalam setiap kegiatan bisnis yang dilakukannya dalam kaitannya dengan kepentingan pihak-pihak lain. Penelitian dilakukan terhadap official website PT Unilever Indonesia Tbk yang beralamat di http://www.unilever.co.id. Fokus penelitian adalah pada tiga area utama, yaitu  tata kelola perusahaan dan pelaporan (corporate governance and reporting), kebijakan lingkungan dan kebijakan sosial. Ada lima pertanyaan (kategori) yang akan digunakan untuk meneliti setiap area utama tersebut. Untuk mengukur kuantitas informasi yang disajikan digunakan Index Publisitas sebagai indikator. Index ini menunjukkan jumlah kategori yang diungkapkan oleh perusahaan dari 15 kategori yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Index Publisitas Unilever adalah 13. Index tersebut diperoleh dari Tata Kelola Perusahaan dan Pelaporan 4, dari Dasar Kebijakan terhadap Lingkungan yang dilakukan 4, dan dari sisi Kebijakan Sosial 5. Dengan demikian Unilever telah mengungkapkan 13 informasi yang relevan dengan CSR kepada publik melalui official web site-nya.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), official website, Index Publisitas

FULL TEXT: FREE DOWNLOAD

0 comments:

Post a Comment